Akankah Ada Jalan Tol yang Tersambung ke Citra Maja City?

Pintu tol terdekat nantinya di Cileles. (Foto: Citra Maja Raya)

MAJA, SEKITARMAJA.COM – Sebagaimana kita ketahui akses tol merupakan salah satu poin plus yang dimiliki sebuah proyek properti. Akses tol yang dekat akan mempermudah akses menggunakan mobil pribadi dari dan menuju ke Jakarta yang masih menjadi pusat aktivitas ekonomi.

Pada 30 September 2024 lalu jalan tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) Seksi 1B telah dibuka dan beroperasi untuk masyarakat umum secara cuma-cuma. Namun, bagaimana efek dibukanya ruas jalan tol Serbaraja ini terhadap perkembangan Citra Maja City sebagai kota mandiri baru?

Prioritaskan Commuterline

Jika kita bisa berpegang pada tanggapan yang diberikan oleh General Manager Citra Maja City Imelda Irinawati Mettadewi dalam kesempatan event Influencer Gathering tanggal 18 Agustus 2024 lalu, bisa jadi peluang terwujudnya ruas tol yang langsung tersambung ke Citra Maja City masih belum bisa dikonfirmasi.

Saat Imelda ditanya soal kapan bakal ada akses tol ke Citra Maja City, ia kurang lebih menjawab dengan diplomatis bahwa ‘kekuatan’ Citra Maja City adalah konsep Transit Oriented Development.

Pertanyaan dari seorang peserta Influencer Gathering saat itu soal kepastian pembangunan ruas jalan tol itu dijawab dengan ajakan bagi mereka yang tertarik bermukim di Maja untuk menggunakan sarana transportasi publik yaitu commuterline daripada menaiki mobil pribadi.

Dari pernyataan Imelda tersebut, diduga memang belum ada komitmen nyata dari pengembang dan pemerintah soal pembangunan ruas jalan tol yang langsung menuju ke Citra Maja City atau setidaknya di titik yang dekat dengan kawasan Maja, Lebak.

Pernyataan ini juga selaras dengan pesan dalam semua konten pemasaran dan penjualan Citra Maja City baik cetak maupun digital yang memang tidak pernah menyebut secara eksplisit bakal ada jalur tol.

BACA JUGA: “GM Citra Maja City: Sports Club Kedua Bakal Mulai Dibangun 2025”

10 Tahun Lagi, Cileles-Maja-Rangkas

Jika nantinya tol Serbaraja sudah beroperasi secara penuh, bisa jadi warga Maja akan bisa mengakses via Simpang Susun Cileles sebagai titik terdekat, yang kurang lebih memakan waktu 20 menit dari Maja. Anda bisa melihat lokasi Simpang Susun Cileles di peta di atas.

Lalu apakah bakal ada ruas tol yang melewati Citra Maja City? Menurut bisnis.com dalam sebuah artikelnya 3 tahun lalu yang berjudul “Masih Dikaji, Masyarakat Maja Baru Bisa Nikmati Tol pada 2035″, dinyatakan bahwa pembangunan tol yang melewati Citra Maja City baru akan direalisasikan setidaknya 1 dekade lagi.

Hal itu ditegaskan juga oleh sebuah video di kanal YouTube Lucky’s Dronie yang mengutip dari Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Banten 2023-2043. Di menit 15:41 dalam video tersebut, disebutkan bahwa memang ada rencana pembangunan ruas jalan tol Cileles-Maja- Rangkasbitung sepanjang 34 km yang diperkirakan akan dimulai pengerjaannya dari 2035 hingga 2039. Rencana pembangunan tol Cileles-Maja-Rangkas ini masuk dalam rencana besar 6300 km jalan tol di pulau Jawa dari tahun 2020 sampai 2049 nanti.

Selain itu, saat ini sedang dilakukan pembangunan jalan tol Serang-Panimbang yang bakal mempermudah akses antara Kota Serang sebagai ibu kota Banten dengan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung dan Taman Nasional Ujung Kulon. Diberitakan bahwa pembangunan jaklan tol Serang-Panimbang ini bakal selesai tahun ini. Jadi, bisa dikatakan, sumber daya dan anggaran pemerintah masih terfokus pada proses pembangunan ruas jalan tol ini.

Sementara itu, proyek properti Ciputra Group lainnya yakni CitraRaya Tangerang sangat diuntungkan dengan adanya jalan tol Serbaraja karena cuma butuh waktu 30 menit untuk menuju ke Jakarta. Otomatis ini makin meningkatkan nilai jual properti di sana, membuat lebih banyak pihak berminat berinvestasi dan mendorong tumbuhnya perekonomian di dalamnya. (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *