Inilah 3 Calon Lokasi Rumah Sakit Umum di Maja

Lokasi di pertigaan jalan dari Klaster Benoa menuju ke Agate masuk jadi salah satu calon lahan pembangunan RSU Maja. (Dok: sekitarmaja)

MAJA, SEKITARMAJA.COM – Pada hari Rabu kemarin lusa (31/7) Bapelitbangda Lebak dan pengembang Ciputra Residence melaksanakan survei ke tiga titik yang bakal menjadi lokasi pembangunan rumah sakit di wilayah kota mandiri Maja. Demikian diungkapkan Bapelitbangda Lebak setelah dihubungi sekitarmaja.com siang ini (2/8) melalui DM Instagram resminya @bapelitbangdakablebak.

Selama survei lokasi RSU Maja ini, pihak Bapelitbangda diwakili langsung oleh Kepala Badan Dr. Yosep Mohamad Holis bersama Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan, Teguh Eko Saputro. Sementara itu, perwakilan developer adalah Bapak Hardyan dan Toto.

Masuk Rancangan Pembangunan

Lebih lanjut pihak Bapelitbangda Lebak menyatakan bahwa pembangunan RSU di Maja ini sudah dimasukkan ke dalam rancangan kebijakan pembangunan daerah di Kabupaten Lebak baik dalam RPJPD (Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah) periode 2025 hingga 2045 dan RPJMD (Rancangan Pembangunan Jangan Menengah Daerah) periode 2025 hingga 2029.

Lokasi kedua yang dipertimbangkan menjadi lahan RSU Maja. (Foto: Google Maps)

“Hal (pembangunan RSU -red) ini menjadi bentuk komitmen daerah dalam mendukung pembangunan Kota Baru Maja sebagai kawasan strategis kabupaten dan proyek besar (major project) pembangunan nasional,” terang Bapelibangda Lebak.

Saat ditanya mengenai detail proyek pembangunan RSU Maja, seperti timeline pengerjaan dan anggaran yang disediakan untuk konstruksinya, pihak Bapelitbangda menanggapi, “Untuk saat ini proses masih dalam tahap perencanaan awal jadi mengenai beberapa pertanyaan tersebut belum bisa dijawab secara detail.”

3 Kandidat Lokasi RSU Maja

Dari pengecekan lokasi, calon lokasi pertama adalah lahan di pertigaan CMC 2 setelah Klaster Benoa yang hendak menuju ke CMC 3 (Klaster Agate). Di sini dahulu rencananya bakal dibangun sports club tetapi setelah ada rencana pembangunan RSU Maja ini tampaknya developer masih dalam proses menimbang-nimbang.

Kemudian calon lokasi kedua RSU Maja ialah lahan di dekat Kantor Kecamatan Maja saat ini yang berada di perkampungan Kopi Sangiang di sekitar Citra Maja City. Lokasi ini sedikit di luar wilayah CMC.

Terakhir, calon lokasi ketiga berada di samping danau yang dulunya area penggalian dan penambangan batu kalimaya yang bersebelahan dengan Eco Club Citra Maja City.

Bagi Anda yang sekarang sudah memiliki unit rumah atau ruko di klaster-klaster di dekat calon-calon lokasi yang disebutkan tadi, bisa jadi jangan buru-buru dijual karena pastinya harganya bakal naik seiring dengan pembangunan fasilitas umum penting seperti RSU Maja ini.

Terkait berita ini, sekitarmaja.com telah menghubungi pengembang untuk dimintai keterangan lebih lengkap namun hingga artikel ini ditayangkan belum ada tanggapan yang disampaikan.

Update: Pihak developer memberikan tanggapan mengenai berita ini Jumat sore (2/8) dengan memberikan pernyataan sebagai berikut: “Kami berharap pembangunan rumah sakit di Maja dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar. Saat ini rencana pembangunan rumah sakit di Maja masih dalam tahap penjajagan dan pengumpulan data serta analisa kelayakan tataruang wilayah untuk memastikan pembangunannya dapat berjalan sesuai dengan rencana. Informasi lebih lanjut akan kami sampaikan segera.” (*/)

Lokasi ketiga di samping danau EcoClub mungkin akan jadi lokasi RSU Maja. (Foto: Google Maps)

One thought on “Inilah 3 Calon Lokasi Rumah Sakit Umum di Maja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *