12 Ide Aktivitas Asyik Pengisi Akhir Pekan di Maja Selain Tidur

pemandangan di bendungan karian lebak banten
Pemandangan yang bisa dinikmati di Bendungan Karian, Lebak yang baru dibuka Januari 2024 lalu. (Foto: Google Maps)

MAJA, SEKITARMAJA.COM – Waktu akhir pekan di Maja sering diisi banyak warga dengan beristirahat di dalam rumah. Entah itu berkumpul bersama keluarga atau teman. Ada juga yang memilih untuk pergi ke luar Maja karena masih menganggap Maja sepi dan membosankan.

Tapi tahukah Anda bahwa jika kita mau menikmati akhir pekan di Maja, ada banyak ide kegiatan yang bisa dipilih. Berikut beberapa ide aktivitas weekend yang menyenangkan di sekitar perumahan baru Citra Maja City versi sekitarmaja.com.

Bersepeda

Bersepeda di pagi hari dalam lingkungan perumahan Citra Maja City memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh yang tidak sedikit. Di antaranya ialah menjaga kesehatan jantung, mencegah serangan stroke, mengendalikan tekanan darah, menjaga kesehatan otot dan sendi, mengendalikan berat badan, mengendalikan stres, dan menurunkan level risiko kencing manis/ diabetes melitus tipe 2. (akibat pola hidup yang kurang aktif dan pilihan makan dan minum yang kurang bijak).

Di samping itu, bersepeda di lingkungan sekitar perumahan Citra Maja City bisa membuat Anda lebih memahami rute-rute alternatif dan kondisi kehidupan tetangga maupun warga luar perumahan di sekitar Anda sehingga Anda lebih mengenal lingkungan.

Jogging

Tak perlu jauh-jauh ke Stadion Gelora Bung Karno untuk bisa jogging dengan nyaman dan aman. Anda cukup mengenakan sepatu lari kemudian menyusuri jalan-jalan utama di dalam lingkungan Citra Maja City maupun ke lingkungan perumahan Permata Mutiara Maja. Jalan-jalan di dalam perumahan ini sudah teraspal dengan baik. Permukaannya relatif rata dan nyaman untuk dipakai jogging.

Kurang disarankan untuk berlari di jalan di luar perumahan sebab volume arus lalu lintasnya lebih banyak dan kecepatannya lebih tinggi. Jenis-jenis kendaraan di luar perumahan juga lebih besar sehingga membuat aktivitas jogging justru berisiko tinggi dan mengurangi manfaat sehatnya karena adanya asap knalpot.

Jogging sebagaimana kita tahu juga punya segudang manfaat bagi tubuh, dari menurunkan berat badan hingga meningkatkan imunitas agar tak mudah sakit akibat stres.

Jogging

Karaoke

Suka menyanyi? Dengan tetap mempertimbangkan kondisi sekitar, Anda bisa berkaraoke jika kondisi sekitar rumah masih sepi dan tidak ada tetangga yang sedang sakit atau ingin beristirahat. Siapkan saja alat-alat untuk bernyanyi karaoke seperti laptop, mixer, mikrofon UHF, dan speaker di rumah bersama keluarga atau tetangga dekat.

Aktivitas karaoke memiliki manfaat-manfaat seperti menstimulasi otak dan mempertajam pikiran, mengurangi stres, meluapkan emosi yang tertahan, mempertahankan daya ingat, serta melatih pernapasan.

Berkebun

Sebagian orang pindah ke Maja dengan alasan karena alamnya yang relatif masih baik. Tak heran mereka melampiaskan hobi berkebun yang terpaksa tertahan saat masih tinggal di lingkungan apartemen atau rumah di gang sempit di Jakarta dengan membuat kebun atau taman yang lebih lapang di sekitar rumah mereka di Maja.

Anda yang suka berkebun bisa membeli bibit dan media tanam di Toko “Kata Tetangga” (dulu “Media Tanam Maja”) di ruko Ruko Green Vista D15/173 dan Cluster Ubud CMR 2 Jl. Damar 2 T03/52a. Kunjungi akun Instagramnya di sini.

Perawatan Diri dan Relaksasi

Daripada bosan di rumah terus, Anda bisa kunjungi tempat-tempat perawatan diri seperti Cukur Cicip Maja yang menyediakan jasa pijat seluruh badan atau refleksi kaki di tempat dan memotong rambut agar lebih rapi saat nanti bekerja di hari kerja.

Untuk kaum hawa, juga sudah ada salon di ruko Legian, seberang sekolah Mutiara Bangsa yang menawarkan perawatan rambut, kulit muka dan kuku.

Ada juga skin treatment di Klinik Works yang menyediakan layanan facial untuk menghilangkan bintik-bintik hitam akibat gaya hidup dan stres tinggi. Anda bisa tonton di Instagram reel di link ini.

Wisata Kuliner

Sekarang sudah ada lebih banyak tempat makan baru yang bisa dicoba untuk berwisata kuliner di kawasan Maja terutama di dalam lingkungan Citra Maja City.

Variasi makanan yang dijual di ruko-ruko di Citra Maja City juga sudah lebih baik dibandingkan beberapa tahun lalu.

Anda bisa membaca beberapa rekomendasi kuliner di sekitarmaja.com dengan mengklik kategori kuliner.

Nongkrong di Kafe

Suka menghabiskan waktu di kafe untuk menikmati makanan atau mengobrol santai bersama keluarga atau teman yang kebetulan sedang berkunjung ke Maja?

Anda bisa mengunjungi sejumlah kafe di dalam dan di luar area Citra Maja City. Anda bisa memilih Food Terrace milik pengembang Ciputra, atau Dapur Maja milik pengembang Permata Mutiara Maja, atau kafe-kafe di dalam lingkungan ruko Citra Maja Raya yang sudah lumayan banyak. Selengkapnya Anda bisa baca rekomendasinya di link ini.

Olahraga

Untuk Anda yang sedang ingin mengejar body goal atau ingin lebih bugar, jangan salah karena di Maja Anda juga tak cuma bisa jogging/ lari pagi, tetapi bisa menemukan dua komunitas olahraga yang secara rutin mengadakan latihan di dalam lingkungan Citra Maja City.

Komunitas pertama ialah Komunitas Maja Pound yang mewadahi para penggemar olahraga PoundFit. Anda bisa ikuti update terbaru komunitas ini dan cara bergabungnya di link berikut.

Kemudian ada juga komunitas Yoga di Maja yang mengadakan latihan setiap pukul 7 pagi di Kedai Vege, Ruko Legian. Anda cukup datang membawa matras dan membayar secara sukarela. Anda bisa ikuti akun komunitas ini di link ini.

Jika Anda tidak sempat datang untuk PoundFit atau yoga di waktu yang sudah ditentukan komunitas-komunitas tadi, Anda juga bisa mengikuti kelas yoga dan pilates di Klinik Works. Cek jadwal kelasnya di link berikut ini.

Anda dan anak Anda juga bisa belajar berenang di Eco Club Citra Maja City. Telah dibuka klub renang bernama Cucut Swimming Club yang jam latihannya Selasa dan Jumat pukul 16.00-17.30. Uang lesnya cuma Rp400 ribu per orang, dan sudah mencakup tiket masuk ke dalam EcoClub swimming pool.

Menonton Film

Jangan lupa bahwa Citra Maja Raya sudah memiliki bioskop sendiri. CGV Citra Maja City sudah berdiri dan beroperasi sejak April 2023 lalu. Anda bisa simak jadwal pemutaran filmnya di website resmi CG Indonesia atau ikuti Instagram CGV Citra Maja City di link ini.

Melakukan Aktivitas Sosial

Jika Anda memiliki perhatian khusus terhadap isu sosial, Anda bisa bergabung dengan Komunitas Maja Ngariung yang mengadakan sejumlah kegiatan sosial yang memberdayakan warga perumahan Citra Maja City untuk membantu para warga desa di luar perumahan baru ini.

Maja Ngariung tercatat pernah mengadakan event bazaar khusus warga kampung Pojok. Di bazaar ini, warga lokal bisa menukarkan kupon yang sudah dibagikan sebelumnya oleh panitia dengan pakaian layak pakai yang dikumpulkan dari warga perumahan dan dipilah dengan cermat untuk menentukan kelayakannya sebelum didistribusikan. Komunitas ini juga pernah menggelar acara sharing atau diskusi yang mengundang pembicara yang juga warga perumahan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman soal isu atau bidang tertentu. Anda bisa ikuti akun Instagram Maja Ngariung di sini.

Baca Buku

Meski masih berkembang, Citra Maja City sudah memiliki dua toko buku. Jika Anda ingin membeli buku-buku baru, Anda bisa mengunjungi toko buku dan penerbitan “One Peach Media” yang akun Instagramnya Anda bisa ikuti di link ini.

Sementara itu, jika Anda memilih membeli buku-buku jadul atau buku bekas tapi masih menarik untuk dibaca dan harganya lebih murah, Anda bisa mengunjungi toko buku OneSee yang akun Instagramnya ada di link ini. Kedua toko buku ini ada di Ruko GreenVista.

Wisata Alam dan Budaya

Di Maja, Anda dekat dengan Tebing Koja, sebuah objek wisata lokal yang relatif sudah dikenal masyarakat. Anda juga bisa menemukan tujuan-tujuan wisata lain di Banten di sekitar Maja yang bisa ditempuh dengan sepeda motor maupun kereta komuter misalnya pantai Anyer di barat, pantai Sawarna di selatan, Masjid Agung Banten di Kota Serang, Benteng Speelwijk di Kampung Pamarican, Bendungan Karian yang baru saja dibuka Januari 2024, dan sebagainya. (*/)

2 thoughts on “12 Ide Aktivitas Asyik Pengisi Akhir Pekan di Maja Selain Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *