8 Tips Naikkan Harga Jual Rumah

Merenovasi properti berbentuk rumah terbukti bisa menaikkan harga jualnya dan memudahkan penjualan. (Foto: Freepik)

MAJA, SEKITARMAJA.COM – Sudah memiliki unit rumah atau ruko di Citra Maja City tetapi ingin menjualnya? Apakah Anda ingin menjual rumah Anda tapi khawatir harga jualnya tidak sebagus dulu alias merugi?  

Ada sejumlah cara untuk memudahkan penjualan unit properti Anda di Citra Maja City. Berikut adalah beberapa tips agar nilai jual rumah Anda semakin tinggi.

Poles Eksterior Rumah Anda

Tampilan luar atau eksterior rumah adalah hal pertama yang dapat dilihat para calon pembeli. Maka dari itu, Anda wajib pastikan eksterior rumah terkesan rapi dan menarik. Anda bisa mengecat lagi dinding luar agar lebih segar dan tak tampak kusam. Lalu Anda bisa memperbaiki pagar agar lebih enak dipandang dan kokoh. Tak lupa, tatalah taman di rumah dengan mengganti tanaman lama di dalamnya dengan yang baru atau memangkas tanaman hias yang sudah ada agar rumah lebih sejuk dan segar dipandang mata.

Renovasi Dapur dan Kamar Mandi

Jika kita amati, di CMC ruangan yang paling banyak direnovasi ada dua yakni dapur dan kamar mandi. Alasannya karena keduanya adalah area yang paling diperhatikan oleh para pembeli. Renovasi di area ini dapat mengatrol nilai jual rumah secara signifikan. Anda bisa mengganti kabinet dapur lama yang sudah usang, memasang backsplash baru, memperbarui peralatan dapur, serta memperbaiki atau mengganti perlengkapan kamar mandi seperti wastafel dan shower.

Cat Ulang Dinding Interior

Tak bisa disangkal bahwa cat baru dapat memberikan kesan segar dan resik pada sebuah rumah. Tips untuk memilih cat ialah gunakan warna-warna netral yang dapat menarik banyak calon pembeli. Warna-warna netral yang dimaksud di sini adalah putih, krem, abu-abu muda. Ketiganya cenderung bisa ‘masuk’ ke selera kebanyakan orang, yang berarti lebih banyak orang berpotensi membeli rumah Anda. Warna-warna yang mencolok mata kurang disarankan karena kemungkinan disukai calon pembeli lebih rendah.

Ganti Tegel/ Lantai

Diinjak-injak tapi penting juga dalam menentukan nilai jual rumah. Lantai yang boncel atau kotor dan berdebu tentu dapat menurunkan nilai jual rumah. Maka sebab itu, selalu Anda pastikan lantai dalam kondisi baik dan bersih terutama sebelum calon pembeli berkunjung. Elemen lantai ini bisa diupgrade lagi dengan mengganti karpet lama, memperbaiki lantai kayu yang tergores, atau memasang ubin baru di area yang diperlukan.

Siasati Penataan Lampu/ Pencahayaan

Rumah yang sama niscaya akan memberi kesan berbeda jika diberi lampu dan penataan cahaya yang berbeda. Jika Anda cermat menyiasati, pencahayaan yang apik dapat membuat rumah terlihat lebih luas dan nyaman meski sebenarnya mungil. Triknya adalah dengan memastikan setiap ruangan memiliki pencahayaan yang cukup. Untuk itu, pasang lampu LED hemat energi, tambahkan lampu gantung di ruang tamu, atau pasang skylight untuk pencahayaan alami sehingga bisa hemat penggunaan energi listrik.

Periksa Sistem Utilitas

Pastikan semua sistem utilitas seperti listrik, air, dan pemanas berfungsi dengan baik. Sistem yang bermasalah dapat menurunkan nilai jual rumah. Periksa dan memperbaiki instalasi listrik, pipa air, dan sistem pemanas jika diperlukan.

Tambahkan Fasilitas Ekstra

Fasilitas tambahan dapat meningkatkan nilai jual rumah. Pertimbangkan untuk menambah ruang atau fasilitas yang dapat menarik pembeli. Anda tambahkan dek di halaman belakang, membuat ruang kerja di rumah, atau menambah kamar mandi tambahan.

Jaga Kebersihan dan Kerapihan

Rumah yang bersih dan rapi akan lebih menarik bagi calon pembeli. Pastikan rumah selalu dalam kondisi bersih dan terorganisir. Anda bisa bersihkan seluruh ruangan secara rutin, menata perabotan dengan rapi, dan memastikan tidak ada barang-barang yang berserakan. (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *