Mini Survei: 70% Warga Citra Maja Keluhkan Panas Akibat Kurangnya Penghijauan

Penghijauan yang minim membuat suhu lingkungan Citra Maja City rentan terpapar panas ekstrim. (Foto: SM)

MAJA, SEKITARMAJA.COM – Jika Anda mengeluhkan hawa panas selama tinggal di Maja, jangan merasa aneh karena memang itu bukan keluhan Anda saja. Komplain yang sama juga dilontarkan oleh 70% responden mini survei SekitarMaja.com di akun Instagram hari ini (15/7).

Sebanyak 21 dari total responden sebanyak 30 suara di mini survei SekitarMaja.com mengatakan mereka merasakan dampak kurangnya penghijauan di lingkungan sekitar rumah mereka di Citra Maja City. 

Pepohonan yang telah ditanam pihak Manajemen Kota sekarang ini dirasa masih kurang untuk menyejukkan suhu rumah-rumah di perumahan ini padahal dengan penghijauan yang lebih banyak, suhu di jalan dan sekitar hunian bisa ditekan secara signifikan. Selisihnya bahkan bisa berkisar antara 8 derajat celcius bila pepohonannya besar dan rindang.

Sementara itu, hasil yang sama juga mencatatkan adanya warga Citra Maja City yang merasa sudah cukup puas dengan penghijauan yang disediakan pihak Manajemen Kota sekarang. Sebanyak 4 suara (13%) mengatakan mereka telah merasakan kesejukan di lingkungannya berkat penghijauan.

Lalu sisanya sebanyak 5 suara (17%) mengatakan bahwa mereka merasa penghijauan di Citra Maja City sekarang terbilang “sedang-sedang saja”. Tidak kurang.

Hasil mini survei ini memang belum mencakup seluruh warga Citra Maja City. Namun, hasil tersebut setidaknya bisa menjadi bahan untuk koreksi bersama baik dari pihak pengembang dan masyarakat yang menghuni agar bisa bekerjasama menghasilkan solusi yang menguntungkan semua pihak. 

Hasil mini survei tersebut juga mengingatkan kita mengenai urgensi pembenahan lingkungan Citra Maja City agar tidak cuma terhindar dari suhu panas akibat datangnya musim kemarau yang sebentar lagi kita jelang tetapi juga bagaimana nanti di musim hujan bisa mencegah genangan air di lingkungan perumahan sebagaimana yang pernah terjadi di beberapa titik di Citra Maja City pada tanggal 28 April 2024 lalu. 

Saat itu, curah hujan yang sangat tinggi membuat sejumlah titik di klaster-klaster di Citra Maja City menjadi tergenang. Klaster yang tercatat tergenang hari itu ialah klaster Greenvista, Cendana, dan Pecatu. (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *