Mengupas Struktur Grup Bisnis Ciputra, Raksasa Pengembang Properti di Balik Citra Maja City

(Foto: CNBC Indonesia)

MAJA, SEKITARMAJA.COM – Grup Ciputra adalah salah satu pengembang properti terkemuka di tanah air. Dengan rekam jejak sejak 1981, Grup Ciputra telah memiliki portofolio yang beragam.

Grup ini didirikan oleh pebisnis alm. Ir. Ciputra dan setelah Ciputra wafat 27 November 2019 lalu, keluarganya meneruskan roda bisnis Grup Ciputra hingga sekarang.

Namun, grup ini menyatakan bahwa spesialisasinya adalah proyek-proyek pengembangan terintegrasi skala besar yang luasnya bisa menyamai sebuah kota.

Lain dari pengembang-pengembang yang ada, Grup Ciputra tidak ingin cuma menggarap sepetak lahan tetapi membangun sebuah perumahan yang mandiri bak sebuah kota.

Generasi kedua keluarga Ciputra sendiri terdiri dari 4 orang anak kandungnya yakni Rina Ciputra Sastrawinata, Junita Ciputra, lalu putra kembarnya Cakra dan Candra Ciputra.

Ciputra Business Group membagi operasi bisnisnya menjadi tiga sub-grup. Sub-grup 1 dipimpin oleh Budiarsa Sastrawinata (menantu) dan Rina Ciputra Sastrawinata. Sub-grup ini bertanggung jawab atas proyek CitraGarden, proyek perumahan di Palembang; broker properti, bisnis media/tabloid dan proyek-proyek kota baru di Vietnam, Kamboja, dan Tiongkok.

Budiarsa Sastrawinata jugalah yang menjabat sebagai Managing Director PT Ciputra Residence yang secara langsung bertanggung jawab dalam pengelolaan dan pengembangan Citra Maja City hingga saat ini.

Sub-grup 2 dipimpin oleh Harun Hajadi (menantu) dan Junita Ciputra. Sub-grup ini mengelola proyek-proyek kota baru dan perumahan di Jakarta dan Surabaya, Semarang, Sidoarjo, Pandanan, Bali, Lampung, Pekanbaru, Medan, dan Manado.

Yang terakhir ialah sub-grup 3 yang dipimpin oleh Cakra Ciputra dan Candra Ciputra. Sub-grup ini bertanggung jawab atas Ciptakom; Ciputra World Jakarta; proyek-proyek komersial mixed-use di Jakarta dan Semarang; dan proyek-proyek perumahan di Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Makassar, Pekalongan, Jambi, dan Bandung. Grup ini juga mencari proyek-proyek baru di negara-negara Asia. (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *