Selalu Stres di Senin Pagi? Atasi dengan 5 Strategi Ini!

Stres di Senin pagi kerap dialami pekerja. Ada trik mengatasinya. (Foto: Freepik)

MAJA, SEKITARMAJA.COM – Sindrom Senin (Monday blues atau Mondayitis) adalah perasaan lelah, sedih, apatis, dan stres yang sering dirasakan banyak orang saat memulai minggu kerja pada Senin pagi. Berikut adalah 5 strategi untuk mengatasinya sebagaimana dilansir dari psychologytoday.com.

Mulai Senin dengan Tugas yang Anda Anggap Penting

    Cobalah memulai Senin pagi dengan pekerjaan yang Anda anggap memiliki nilai jangka panjang. Hindari memulai dengan tugas-tugas yang terasa tidak berarti atau hanya untuk membantu orang lain. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih termotivasi untuk memulai minggu.

    Persiapkan Senin sejak Jumat

      Senin terasa lebih berat jika Anda harus memulai dari nol. Misalnya, jika Anda perlu membaca beberapa makalah akademis pada Senin, unduh semua file PDF pada Jumat, beri label, dan atur dalam folder di komputer Anda. Dengan cara ini, Anda tidak perlu memikirkan cara memulai ketika Senin tiba. Persiapan ini akan memberi Anda perasaan bahwa minggu Anda dimulai dengan tenang dan terorganisir.

      Rencanakan Kegiatan Menyenangkan Sepanjang Minggu

        Senin akan terasa lebih berat jika semua kesenangan dalam hidup Anda hanya ada di akhir pekan. Buatlah jadwal kegiatan menyenangkan setiap hari kerja. Misalnya, Senin malam pijat kaki sepulang kerja, Selasa ikut kelas yoga, Rabu nonton acara TV favorit, Kamis kencan, dan Jumat minum bersama teman setelah kerja. Memiliki rutinitas berarti Anda tidak perlu merencanakan ulang setiap minggu. Jika Anda cenderung merasa sangat sedih pada Senin, jadwalkan kegiatan yang benar-benar menyenangkan pada Senin malam.

        Coba Mulai Bekerja pada Minggu Malam

          Strategi ini mungkin tidak cocok untuk semua orang, tapi menyelesaikan beberapa tugas kerja pada Minggu malam bisa membuat Anda merasa sudah memulai minggu dengan baik. Anda bisa merasa tidak bersalah jika ingin bersantai di sela-sela minggu kerja. Tugas Minggu malam bisa sesederhana menyiapkan email untuk dikirim esok hari.

          Jika jadwal kerja Anda tidak fleksibel, rutinitas Minggu malam bisa berupa menyiapkan pakaian kerja untuk seminggu atau memasak makanan untuk bekal makan siang. Apapun yang membuat Anda merasa sudah selangkah lebih maju untuk menghadapi minggu depan akan membantu.

          Jaga Konsistensi Rutinitas Tidur Anda

            Jika Anda tidur larut dan bangun siang di akhir pekan, cobalah bangun lebih dekat dengan waktu bangun biasa Anda dan ambil tidur siang sebagai gantinya. Perhatikan apakah perubahan besar dalam rutinitas tidur Anda di akhir pekan memperparah sindrom Senin Anda. Juga perhatikan peran alkohol akhir pekan dalam sindrom Senin Anda, jika ini menjadi faktor.

            Dengan menerapkan strategi-strategi ini, diharapkan Anda dapat mengatasi sindrom Senin dan memulai minggu kerja dengan lebih positif dan produktif. Ingatlah bahwa setiap orang berbeda, jadi cobalah berbagai strategi untuk menemukan yang paling efektif bagi Anda. (*/)

            Leave a Reply

            Your email address will not be published. Required fields are marked *