Yoko Han: Sekarang Waktu Paling Tepat Investasi Rumah dan Ruko di Citra Maja City

Potret Alam Indah di Sekitar Maja
Tampak dari udara kawasan pintu gerbang Citra Maja Raya Tahap 1 (patung kuda). (Foto: Tangkapan layar YouTube Citra Maja Raya)

MAJA, SEKITARMAJA.COM – Jika ditanya “Apakah saat ini adalah momen yang tepat untuk membeli rumah terjangkau di CMC?”, mayoritas pembaca sekitarmaja.com yang tinggal di Maja mengatakan setuju.

Dari mini survei sekitarmaja.com dengan pertanyaan tersebut, ada 66% responden yang mengamini alias sepakat bahwa tahun ini memang tahunnya beli rumah terjangkau di CMC. 

Sementara itu, ada 10 responden (26%) merasa ragu-ragu dan sisanya  3 responden (8%) tidak setuju dengan pertanyaan tadi.

Untuk mengkonfirmasi keabsahan hasil survei ini, sekitarmaja.com mewawancarai Yoko Han, broker properti Promex Prime Maja Raya yang aktif sehari-hari membantu upaya penjualan dan pemasaran unit rumah dan ruko di kawasan CMC sejak 2021 lalu. 

broker properti promex maja raya yoko han
Sebagai broker properti, Yoko Han berbagi insights mengenai pasar properti di Citra Maja City. (Foto: Dok. pribadi Yoko)

Didominasi Keluarga Muda

Untuk memahami kondisi CMC saat ini mari kita jawab pertanyaan: “Siapa saja yang menghuni CMC?” 

Menurut pengamatan Yoko, komposisi penduduk CMC saat ini didominasi para keluarga muda dengan 1-2 anak/ bayi. Ada juga kelompok anak muda lajang yang ingin memiliki rumah dengan jumlah cicilan yang relatif terjangkau untuk keuangan mereka sekarang. 

“Selain itu, ada juga orang-orang yang memilih memiliki rumah yang terjangkau daripada menyewa terus-terusan,” kata Yoko pada sekitarmaja.com secara langsung saat ditemui Rabu lalu (17/7). 

Juga ada sejumlah penduduk lansia dan pensiunan (mayoritas menghuni CMC Tahap 1) dan tak lagi bekerja ke Jakarta, terangnya.

Momen Tepat Beli Properti

Menurut Yoko, CMC adalah pilihan yang lebih masuk akal untuk berinvestasi rumah dan ruko dibandingkan kawasan lain yang sudah lebih mapan misalnya Serpong yang kini juga sudah mahal. 

Sebagai gambaran, untuk bisa memenuhi syarat KPR di Maja gaji seseorang minimal hanya Rp7 juta tiap bulan. “Tapi lebih disukai lagi yang bisa beli cash keras,” ujarnya.

Saat ini, kata Yoko, adalah peluang emas untuk kalangan menengah yang ingin memiliki rumah terjangkau sendiri secara tunai tanpa membayar cicilan KPR untuk tinggal di CMC.

“Alasannya karena reputasi developer (Ciputra Residence – red) yang sudah teruji, harganya juga relatif terjangkau, dan sudah ada infrastruktur dan fasilitas penting seperti transportasi umum KRL, sekolah dari jenjang TK hingga SMA/K, serta sudah ada beragam UMKM yang hadir,” terang Yoko.

Sebagai informasi, Ciputra Residence merupakan salah satu anak perusahaan dari Grup Ciputra, salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia yang berfokus pada pengembangan skala kota dan mixed-use development

Sebelum menggarap Kota Mandiri Citra Maja City, mereka telah sukses mengembangkan sejumlah proyek properti di pulau Jawa, Kalimantan, dan Sumatra. Dua di antaranya ialah apartemen Citra Lake Suites dan CitraRaya Tangerang. 

“Kadang orang-orang yang butuh rumah menemukan momen sekarang sebagai saat yang tepat. Mereka bisa terdorong untuk berpikir: ‘Oh ya sekarang ini sudah waktunya punya (rumah – red)!’,” Yoko menambahkan. (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *