JELANG PILBUP LEBAK, MUNCUL SEDERET NAMA CABUP

MAJA, SEKITARMAJA.COM – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Lebak untuk periode 2024-2029 akan segera digelar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebak telah menetapkan jadwal penting dalam tahapan Pilkada Lebak 2024.

Salah satu tahapan krusial adalah pendaftaran pasangan calon bupati (cabup). KPU Lebak hanya memberi waktu tiga hari bagi pasangan calon untuk mendaftarkan diri, yaitu pada tanggal 27 hingga 29 Agustus 2024.

Jadwal Pelaksanaan Pilbup Lebak

Ketua KPU Lebak, Dewi Hartati, membenarkan bahwa jadwal pendaftaran pasangan cabup Lebak periode 2024-2029 telah ditetapkan.

“Setelah pendaftaran, kami akan meneliti persyaratan calon pasangan cabup yang telah resmi mendaftar pada tanggal 27 Agustus hingga 21 September 2024,” jelasnya.

Pada tanggal 22 September 2024, KPU Lebak akan menetapkan pasangan cabup yang memenuhi syarat untuk berkontestasi di Pemilihan Bupati Lebak 2024.

Dewi mengatakan, “Semua tahapan Pilkada Lebak kami pastikan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.”

Selanjutnya, pemilihan bupati Lebak akan diselenggarakan pada tanggal 27 November 2024. Setelah itu, penghitungan suara akan dilakukan mulai 27 November 2024 hingga 16 Desember 2024.

Hingga saat ini, beberapa nama bakal calon bupati yang akan maju di Pilkada Lebak 2024 telah beredar di masyarakat. Berikut profil singkat mereka.

Moch Nabil Jayabaya cabup lebak 2024
Nama Moch. Nabil Jayabaya muncul dalam bursa Pilbup Lebak tahun ini. (Foto: Beritasatu)

Moch. Nabil Jayabaya

Ia adalah anak laki-laki mantan Bupati Lebak periode 2003 – 2013 Mulyadi Jayabaya sekaligus adik kandung mantan Bupati Lebak periode 2014-2023 Iti Octavia Jayabaya.

Moch. Nabil Jayabaya kini menjabat sebagai ketua Gabungan Pengusaha Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) cabang Lebak periode 2021 – 2026.

Namanya berhembus sejak muncul unggahan Facebook dari seorang kerabatnya yang menuliskan kalimat: “Gerak cepat menuju Lebak Bermanfaat bersama Moch Nabil Jayabaya” (sumber: beritasatu.com).

m hasbi asidiqi jayabaya cabup lebak 2024
M. Hasbi Asidiqi Jayabaya (Foto: Gesuri.id)

M Hasbi Asidiqi Jayabaya

Ia juga anak dari Mulyadi Jayabaya. Pencalonannya diungkapkan Ketua DPC Partai Demokrat Lebak Hilman Abdullah 25 April lalu sebagaimana dikutip oleh laman zonabanten.com.

Ketua DPD PKS Lebak Iip Makmur
Ketua DPD PKS Lebak Iip Makmur ikut maju ke Pilbup Lebak 2024. (Foto: kabar6.com)

Iip Makmur

Ia diajukan sebagai cabup oleh PKS Lebak (sumber: ChannelBanten.com). PKS menurut catatan telah menjalin hubungan politis dengan keluarga Mulyadi Jayabaya atau yang akrab disebut JB sejak Pilkada 2014 silam.

Saat itu PKS menjadi partai pengusung pasangan Iti Octavia Jayabaya dan H. Ade Sumardi melawan kotak kosong.

Hal serupa terjadi di Pilkada 2018 saat PKS mendukung kembali paslon Iti Octavia Jayabaya-H. Ade Sumardi.

oong syahroni cabup lebak 2024
Oong Syahroni turut dicalonkan PKS Lebak. (Foto: titikkata)

Oong Sahroni

Cabup lainnya yang diajukan DPC PKS Lebak. Ia saat ini aktif bekerja sebagai seorang politisi di bawah naungan Partai Gerindra. Sekarang Oong masih menjabat sebagai salah satu anggota DPRD Provinsi Banten Dapil Lebak (sumber: tribunnewsbanten).

suparman cabup lebak 2024
Suparman didukung Partai Golkar di Pilbup Lebak kali ini. (Foto: Triubunnews.com)

Suparman

Ia adalah cabup yang diajukan DPD Golkar Banten pada Juli tahun 2023 lalu. Pencalonannya berdasarkan pada pernyataan Sekretaris DPD Golkar Banten, Bahrul Ulum (sumber: tribunnewsbanten).

efu saufullah cabup lebak 2024
Efu Saufullah didukung DPC PKB Lebak. (Foto: antaranews)

Efu Saufullah

Ia sejak tahun 2012 hingga 2021 menjabat sebagai Ketua DPC PKB Kab Lebak. (sumber: lezen.id). Kini ia menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi. Pada pileg 2024 lalu, ia sempat menjadi jawara (sumber: inews.id).

ade sumardi cabup banten 2024
Ade Sumardi dari PDIP. (Foto: Radar Banten)

Ade Sumardi

Sebelumnya ia menjabat sebagai wabup Lebak selama dua period berturut-turut. Ia juga dikabarkan mendapatkan dukungan sebagian masyarakat Lebak (sumber: bantennews).

asep awaludin cabup lebak 2024
Asep Awaludin didukung Partai Nasdem. (Foto: Tribunnews)

Asep Awaludin

Ia adalah calon anggota legislatif (caleg) DPRD Banten terpilih dari Partai NasDem yang turut masuk dalam bursa calon Bupati Lebak di Pilkada 2024 (sumber: tribunnews).

Untuk itu, ia menyatakan siap melepas jabatan anggota legislatif untuk melaju ke Pilbup Lebak 2024.

Sebagai pemilih, Anda juga perlu mempersiapkan diri untuk memilih calon terbaik yang akan memimpin Kabupaten Lebak selama lima tahun ke depan.

Ikuti perkembangan terbaru seputar Pilkada Lebak 2024 di sekitarmaja.com untuk mendapatkan informasi akurat dan terkini. (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *