PJ BUPATI LEBAK: “PEMKAB LEBAK AKAN BANGUN RUMAH SAKIT UMUM DI MAJA”

MAJA, SEKITARMAJA.COM – Salah satu tuntutan yang kerap didengar di tengah masyarakat kecamatan Maja khususnya para penghuni baru di Citra Maja Raya adalah kehadiran sebuah rumah sakit sebagai fasilitas umum penyedia layanan kesehatan yang lebih lengkap daripada sekadar klinik.

Tuntutan ini patut dipahami karena fasilitas rumah sakit yang dapat diandalkan yang terdekat baru ada di Rangkasbitung dan di Tangerang.

Di Rangkasbitung sudah berdiri RS Misi Lebak, RS Kartini Rangkasbitung, dan lain-lain. Di Tangerang juga sudah ada rumah sakit taraf internasional yang didirikan pihak pengembang Ciputra, Ciputra Hospital.

Namun, semuanya harus diakui masih terbilang relatif jauh dari Maja. Perjalanan bisa memakan waktu 30-45 menit.

Faskes Jadi Prioritas

Kabar baiknya, Pemerintah Kabupaten Lebak mengumumkan rencananya baru-baru ini untuk membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kecamatan Maja. Demikian dilansir dari laman berita6banten.com.

Pernyataan tersebut dilontarkan secara langsung oleh Penjabat (PJ) Bupati Lebak, Iwan Kurniawan, saat berkunjung ke Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Lebak beberapa waktu lalu, ungkap berita6banten.com 18 April lalu.

Asisten Daerah (Asda) II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Lebak, Ajis Suhendi, menjelaskan bahwa pembangunan RSUD di Maja direncanakan karena wilayah tersebut terus berkembang pesat dengan pertumbuhan jumlah penduduk yang tinggi sehingga peningkatan pelayanan kesehatan di wilayah tersebut menjadi prioritas.

Masuk RPJP 2025-2045

“Rencana dan keinginan Pemkab Lebak untuk membangun RSUD di Maja, memang telah disampaikan langsung oleh Pak PJ Bupati Lebak disaat berkunjung ke Kantor Bapelitbangda Lebak beberapa hari lalu,” ungkap Ajis Suhendi pada Kamis (18/4).

Karena Maja dipandang sudah layak memiliki RSUD, pembangunan RS tersebut telah dimasukan ke RPJP (Rencana Pembangunan Jangka Panjang), imbuhnya.

Secara lebih rinci, rencana pembangunan RSUD di Maja telah dimasukkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Daerah Kabupaten Lebak tahun 2025-2045.

Sementara itu, tokoh muda Kecamatan Maja Yulianto mengapresiasi rencana Pemkab Lebak untuk membangun RSUD di wilayahnya.

“Sebagai wilayah kecamatan yang terus berkembang pesat, serta dengan jumlah penduduk yang semakin meningkat, saya rasa, wajar bila Maja memiliki RSUD,” katanya.

2 Puskesmas, 6 Klinik Swasta

Hingga berita ini diturunkan, wilayah kecamatan Maja baru memiliki dua unit puskesmas. Yang pertama Puskesmas Maja di Jl. Raya Maja Pasar dengan jenis untuk perawatan dan Puskesmas Pamandegan yang berlokasi di Jl. Raya Mandala – Cileles KM 12, dengan jenis bukan untuk perawatan, menurut asgar.or.id.

Sementara itu, juga sudah beroperasi 6 klinik swasta di sekitar Maja yang daftarnya ada di tautan di bawah ini.

Diharapkan dengan adanya rumah sakit di Maja nantinya, akan lebih banyak warga luar Maja yang mau untuk pindah ke wilayah ini.

BACA JUGA: DAFTAR KLINIK DI MAJA (*/)

One thought on “PJ BUPATI LEBAK: “PEMKAB LEBAK AKAN BANGUN RUMAH SAKIT UMUM DI MAJA”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *