Kenapa Harga Rumah di Citra Maja Raya Murah?

MAJA, SEKITARMAJA.COM – Bagi Anda yang sedang mencari rumah murah di sekitar Jakarta di tahun 2024, perumahan Citra Maja Raya dan sekitarnya adalah salah satu pilihan yang masuk akal.

Kebutuhan rumah murah saat ini memang sangat tinggi tetapi sayangnya badai resesi dan perlemahan daya beli masyarakat secara umum masih melanda Indonesia.

Apa Itu Perumahan Citra Maja Raya?

Untuk Anda yang belum tahu perumahan/ proyek kota mandiri bernama Citra Maja Raya ini, berikut adalah penjelasan singkatnya.

Dikembangkan sebagai perumahan skala kota berkonsep Transit Oriented Development (TOD), Citra Maja Raya adalah salah satu dari kawasan perumahan yang berkembang pesat di pulau Jawa selain Alam Sutera, Bintaro Jaya, Bumi Serpong Damai, Citra Garden City, Citra Raya Tangerang, Gading Serpong, Harapan Indah, Jakarta Garden City, dan sebagainya.

Luas lahan proyek perumahan Citra Maja Raya adalah 2600 hektar. Lahan ini akan dikembangkan secara bertahap dalam 9 fase.  

Namun, kelebihan Citra Maja Raya adalah harga unit rumahnya yang masih terbilang relatif sangat murah dan terjangkau jika dibandingkan dengan rumah-rumah di kawasan yang disebutkan di atas. 

Kenapa bisa murah? Kita akan bahas alasannya di bawah ini. Baca artikel ini sampai habis.

Citra Maja Raya adalah kawasan hunian yang rencananya akan dikembangkan sedemikian rupa sehingga di masa datang akan menjadi sebuah Kota Baru Terpadu.

Kredibilitas Pengembang Citra Maja Raya

Pengembang atau developer properti di balik Citra Maja Raya ialah Ciputra Group. Seperti sudah diketahui bersama, reputasi dan nama baik pengembang satu ini sudah luas diketahui publik dengan citra yang relatif positif.

Proyek-proyek yang dijanjikan selalu terealisasi sehingga dapat dipastikan kasus penipuan atau sejenisnya tidak pernah terjadi pada pengembang properti satu ini berkat profesionalismenya.

Jika Anda jeli mengamati pemberitaan di media massa, memang ada kasus yang pernah mencuat soal Citra Maja Raya dan tanah sengketanya tetapi pihak pengembang memberikan jaminan bahwa lahan sengketa bukan bagian dari Citra Maja Raya (sumber: Kompas.com) sehingga Anda yang sudah memiliki unit di sana bisa bernapas lega.

Perkembangan Citra Maja Raya di 2023

Sejak diluncurkan tahun 2015 lalu, Citra Maja Raya telah tumbuh relatif pesat. Pihak pengembang Ciputra mengklaim telah sukses menjual lebih dari 18.500 unit rumah dan komersial telah dan sedang dibangun beserta fasilitas dan infrastruktur pendukungnya per akhir Desember 2023 (sumber: CitraMaja.com).

Citra Maja Raya digagas dengan konsep TOD (Transit Oriented Development). Untuk mendukung mobilitas para warga penghuni, Citra Maja Raya telah didukung dan dilengkapi dengan KRL Commuterline, dan sarana stasiun yang modern dan nyaman.

Stasiun Maja bisa dijangkau dengan beragam sarana transportasi misal sepeda motor dan mobil pribadi maupun shuttle cars yang disediakan pihak pengembang dengan waktu cuma sekitar 10 menit.

Untuk naik shuttle cars, Anda cukup membayar Rp8.000 per kepala. Rute yang dilintasi adalah seluruh area perumahan dan Stasiun Maja. Rute selain itu tidak dilayani.

Ciputra Group juga menyatakan akan menerapkan konsep EcoCulture dalam area Citra Maja Raya sehingga nantinya kawasan ini akan berkembang sebagai sebuah kota lestari yang tertata dengan baik dan sustainable

Lokasi Perumahan Citra Maja Raya

Lokasi Citra Maja Raya di kecamatan Maja, kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Kawasan ini nantinya tidak cuma mencakup perumahan tetapi juga area komersil yang berupa ruko, dan beragam fasilitas umum modern seperti sekolah, pusat kebugaran, layanan kesehatan, bioskop, dan sebagainya.

Untuk bisa mencapai lokasi, Anda bisa menggunakan sarana transportasi Commuterline Jabodetabek. Pilih kereta jurusan Rangkasbitung dan turun di Stasiun Maja (setelah Stasiun Cikoya dan sebelum Stasiun Citeras).

Untuk naik Commuterline, Anda bisa menggunakan alat pembayaran elektronik seperti kartu dari Commuterline, Flash BCA, Emoney Mandiri, atau juga aplikasi Gojek (pilih tiket digital Commuterline yang berupa QR code yang bisa dipindai mesin tiket).

Biaya naik Commuterline dari Stasiun Tanah Abang adalah Rp7.000 per kepala. Biaya itu akan bertambah jika Anda naik dari Stasiun yag lebih jauh dari Tanah Abang.

Dengan menaiki mobil, jika berangkat dari Monas (Jakpus) Anda akan sampai dalam waktu 2 jam di Citra Maja Raya dengan memilih rute Jalan Tol Merak dan Jalan Raya Cisoka yang membentang sepanjang 68 km.

Alasan Rumah di Citra Maja Raya Lebih Murah

Harga unit rumah di Citra Maja Raya bahkan bisa dikatakan terjangkau untuk Anda yang bergaji UMR Jakarta dan sekitarnya.

Promo rumah murah yang Desember 2023 dilakukan pengembang mencakup rumah yang berharga sangat murah.

Dengan dana Rp140 jutaan saja Anda bisa memiliki satu unit rumah tapak sederhana dengan ukuran 5 x 10 meter persegi dengan satu kamar tidur dan kamar mandi di klaster Bedugul.

Untuk Anda yang memiliki dana lebih dari itu, bisa juga membeli unit di klaster lainnya yang kelas Real Estate seperti di Gaharu, Greenland, dan sebagainya.

Alasan rumah di Citra Maja Raya lebih murah dari rumah-rumah di daerah lain adalah:

  1. Rumah di CMR berukuran relatif lebih kecil sehingga lebih cocok untuk Anda yang masih lajang atau memiliki keluarga baru yang memiliki kondisi keuangan terbatas dan jumlah maksimalnya 3 orang dan ingin rumah berdesain minimalis dan mungil. Untuk rumah termurah senilai 140 juta, Anda akan dapatkan satu lahan tanah 5×10 meter persegi dengan bangunan rumah di atasnya. Meski tidak besar tapi unit ini bisa dijual lagi jika ada duit ekstra nantinya dan Anda bisa pindah ke rumah yang lebih besar.
  2. Lahan di kecamatan Maja relatif masih murah sehingga harga jualnya juga sangat murah. Hal ini dikarenakan daerah Maja masih relatif baru dan belum berkembang optimal sebagaimana Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Bogor yang sudah pesat. Namun, sisi terangnya adalah harga tanah dan rumah masih sangat murah. Cocok bagi pemilik rumah pertama yang ingin tinggal di rumah tapak miliknya sendiri.
  3. Lokasi Citra Maja Raya harus diakui relatif jauh dari ibukota DKI Jakarta yang sampai sekarang masih menjadi pusat aktivitas ekonomi. Namun, seiring dengan terjadinya perpindahan aktivitas pemerintahan ke IKN di Kalimantan sana, pemerintah juga ingin menyebar titik-titik aktivitas ekonomi ke lebih banyak daerah, tak cuma di Jakarta sebagaimana di masa lalu dan sekarang. Di sinilah, potensi masa depan Maja bisa terlihat karena pemerintah dalam jangka panjang berkomitmen untuk terus membangun Maja sebagai sebuah kota mandiri yang tak cuma menjadi penyangga ibukota tapi juga menjadi pusat ekonomi sendiri nantinya di beberapa dekade ke depan. Secara resmi Maja diusulkan menjadi sebuah kota mandiri ke depannya (sumber: banten.suara.com).

Jadi apakah Anda tertarik untuk memiliki rumah di Citra Maja Raya? (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *