Flu Tak Kunjung Sembuh di Masa Pancaroba? Waspada Long Covid

(Foto: Dok. Klinik Works)

MAJA, SEKITARMAJA.COM – Akhir-akhir ini sebagian orang mengeluhkan sakit flu yang tak kunjung sembuh. Bahkan berminggu-minggu kemudian, badan masih belum sepenuhnya pulih dari efek flu. 

Ada yang menduga ini karena akibat cuaca yang makin tak menentu. Juga ada kontribusi masa peralihan (pancaroba) dari musim kemarau ke musim hujan. 

Menurut dr. Kartika yang berpraktik di Klinik Works di Ruko Legian, Citra Maja Raya,  fenomena ini juga tengah melanda Maja.

Bapil Merebak

“Sepanjang bulan Juli dan Agustus ini jumlah pasien common cold dengan gejala khas batuk dan pilek memang lagi banyak,” ungkap dr. Kartika saat ditemui sekitarmaja.com Rabu lalu (7/8) di kantornya Klinik Works yang telah beroperasi sejak Februari 2023.

Belum lagi ditambah dengan pasien anak-anak yang mengalami batuk dan pilek setelah menjalani imunisasi selama PIN Polio yang baru saja berlalu.

Long Covid

Kemudian juga harus diwaspadai juga adanya risiko Long Covid yang berupa batuk dan pilek yang lebih susah sembuh. 

“Pilek sekarang yang saya banyak temukan adalah gejala susah menelan dan berkurangnya daya penciuman dan perasa. Biasanya pilek bisa sembuh 3-4 hari, sekarang makin panjang, bisa 14 hari. Jadi ada kemungkinan itu adalah Long Covid, akibat telah terjadi mutasi virus Covid dalam beberapa tahun belakangan ini,” terangnya.

3 Cara Cegah Flu Akibat Long Covid

Untuk mencegah batuk, pilek serta flu yang tak kunjung sembuh, ada banyak cara yang bisa dilakukan menurut dr. Kartika.

Pertama ialah dengan mengkonsumsi multivitamin untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh selama musim pancaroba ini.

Ia juga menekankan makin pentingnya menjaga kesehatan bagi para mantan penderita Covid. Dosis multivitamin yang ia sarankan untuk anak bisa dimulai dari 1000 IU. 

Cara kedua menurutnya ialah dengan berolahraga secara teratur. Manfaat olahraga dalam menjaga kesehatan sudah bukan rahasia lagi.

Cara ketiga untuk mencegah common cold/ flu yang lebih berat akibat mutasi Long Covid ialah dengan menjalani vaksinasi influenza rutin setiap tahun yang bermanfaat untuk memperbarui tingkat pertahanan tubuh seiring dengan mutasi virus yang terus terjadi di sekitar kita. 

“Vaksinasi ini semakin penting jika kita sering bepergian apalagi ke luar negeri,” pungkasnya. 

Klinik Works sendiri menyediakan layanan dokter umum, dokter gigi, estetik, kelas yoga dan mat pilates. Termasuk juga apotek dan vaksin influenza. (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *