Mini Survei: Banten Masih Dicap Banyak Orang sebagai “Daerah Antah Berantah”

Provinis Banten memiliki sejumlah citra/ image yang melekat di benak banyak orang. (Foto: Wikimedia Commons)

MAJA, SEKITARMAJA.COM – Apakah kata-kata yang sering terdengar dari mulut kenalan atau teman tatkala mereka tahu Anda tinggal atau berasal dari Banten?

Beberapa waktu lalu SekitarMaja.com mengadakan mini survei yang melibatkan 31 orang pengikut Instagram @sekitarmaja mengenai citra Banten di mata masyarakat luas di luar Banten.

Sebanyak 58% responden (18 suara) menyatakan bahwa mereka sering mendengar respon bahwa Banten adalah daerah terpencil yang masih jauh dari pusat aktivitas ekonomi (perkotaan). Kesan ‘udik’ dan jauh ini harus diakui cukup melekat di benak banyak orang terutama mereka yang tinggal di Jakarta, mantan ibu kota negara.

Peringkat kedua ialah 9 suara (29%) yang menyatakan bahwa mereka kerap menemukan komentar bahwa Banten ialah daerah yang lekat dan identik dengan ilmu hitam (guna-guna), hal-hal magis, misterius, dan mistis.

Di ranking ketiga dengan 3 suara (10%) ialah identiknya Banten dengan sebut tanahnya para jawara alias jagoan lokal yang menguasai ilmi bela diri tenaga dalam maupun kanuragan tingkat tinggi.

Di peringkat terakhir dengan raihan suara cuma 1 (3% dari total jumlah responden) ialah orang yang menemukan komentar positif mengenai keindahan alam Banten secara keseluruhan.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah citra (image) soal Banten yang pernah Anda temukan di benak orang-orang yang Anda kenal selain keempat poin di atas tersebut? (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *