Cegah Banjir di Maja, Bendungan Cicinta Akan Direvitalisasi

Bendungan Cicinta atau yang kerap disebut Situ Cicinta akan segera dikeruk. (Foto: Google Maps)

MAJA, SEKITARMAJA.COM – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau-Ciujung-Cidurian (BBWSC3) berencana untuk merehabilitasi Situ atau Danau Cicinta yang terletak di Maja, Lebak.

Demikian dilaporkan dari akun X resmi PUPR SDA BBWSC3 14 Mei 2024 lalu.

Atasi Pengendapan Parah

Danau ini mengalami masalah sedimentasi dan kerusakan pada bangunan utamanya sehingga fungsinya tidak berjalan maksimal.

Proses rehabilitasi situ sudah memasuki tahap awal, yaitu penyusunan rancangan detail desain dan dokumen terkait lingkungan.

Persiapan dokumen ini dikerjakan oleh PT Rencana Cipta Mandiri KSO dan PT Sarana Perencana Jaya, yang ditargetkan selesai dalam waktu tujuh bulan sejak surat perintah kerja diterbitkan.

Segera Dikeruk Tahun Ini

Untuk tahap awal ini, kegiatan rehabilitasi menghabiskan biaya Rp1,76 miliar yang bersumber dari APBN 2024.

Situ Cicinta merupakan danau buatan seluas 17,3 hektar dengan kapasitas tampungan air 16.296 meter kubik.

Situ yang dibangun pada tahun 2003 ini memiliki banyak fungsi, seperti irigasi pertanian, sumber air baku, pengendali banjir (retensi), konservasi air tanah, dan pariwisata.

Situ Cicinta terletak di Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, dan berdekatan dengan stasiun Maja.

Berdasarkan penilaian kinerja dan AKNOP Situ WS C3 tahun 2022, situ ini memiliki kapasitas tampungan sekitar 16.296 meter kubik dan luasnya mencapai 17,30 hektar.

Rencana rehabilitasi Situ Cicinta telah dimulai tahun ini dengan tahap awal berupa penyusunan dokumen Detail Desain dan Penyusunan Dokumen Lingkungan oleh PPK Perencanaan dan Program BBWSC3 bekerja sama dengan konsultan perencana. (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *