10 KEUNTUNGAN TINGGAL DI KOTA MANDIRI CITRA MAJA RAYA

MAJA, SEKITARMAJA.COM – Bila sekarang Anda masih tinggal di sebuah kota yang padat, sumpek, dan penuh masalah sosial, ekonomi, serta lingkungan hidup, mungkin saatnya untuk mempertimbangkan pindah ke kota mandiri.

Berdasarkan sejumlah studi ilmiah yang mendukung, terdapat 10 manfaat yang dapat Anda dapatkan dengan tinggal di kota mandiri.

Definisi Kota Mandiri

Sebuah kota mandiri didefinisikan sebagai wilayah baru yang dibangun dan dikembangkan secara sistematis dan terstruktur.

Menurut kompas.com, kota mandiri adalah hasil dari pembangunan suatu kawasan greenfield dengan beberapa peruntukan, seperti hunian, perkantoran, pusat bisnis, hiburan, dan fasilitas umum yang terintegrasi dengan baik.

Faktanya, kota-kota mandiri dibangun di luar kota-kota besar yang sudah ada saat ini. Sebuah kota mandiri biasanya juga jauh dari kota-kota besar. Tapi kota mandiri memiliki sarana transportasi yang memadai.

Karena ada di luar kota besar, kota mandiri masih lebih asri dan level polusinya tidak setinggi kota besar.

Tata kota dalam sebuah kota mandiri juga biasanya lebih dipikirkan masak-masak. Karenanya kota mandiri biasanya memiliki tata kota yang lebih manusiawi dan membuat penghuninya betah.

Sangat lain dari kota-kota besar yang tumbuh begitu saja tanpa dikendalikan. Terbukti sekarang banyak masalah muncul saat sebuah kota dibiarkan berkembang tanpa penataan yang jelas dari awal.

DAFTAR KEUNTUNGAN HIDUP DI KOTA MANDIRI

Berikut ialah 10 keuntungan hidup di kota mandiri terutama di Citra Maja Raya.

1. Mengurangi Obesitas

Tinggal di kota mandiri dengan tata kota yang lebih terencana dapat mengurangi risiko obesitas. Studi menunjukkan bahwa lingkungan perkotaan yang padat cenderung membuat sulit untuk beraktivitas fisik, sementara kota mandiri menawarkan hunian yang lebih teratur dan ruang terbuka hijau untuk berolahraga.

Sumber: Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Polusi udara dan kepadatan perkotaan dapat memengaruhi fungsi otak. Kota mandiri yang memiliki ruang terbuka hijau dapat meningkatkan kemampuan memproses informasi dan fokus, menurut studi dari Boston University School of Public Health.

Sumber: Boston University School of Public Health.

3. Mengatasi Stres Berlebihan

Studi dari University of Wisconsin-Madison menunjukkan bahwa semakin banyak ruang hijau di lingkungan tempat tinggal, semakin bahagia perasaan penghuninya. Kota mandiri yang cenderung memiliki lebih banyak ruang terbuka hijau dapat menjadi tempat yang lebih nyaman untuk mengatasi stres.

Sumber: University of Wisconsin-Madison.

4. Menekan Angka Kriminalitas

Kota mandiri dengan ruang hijau dapat mengurangi angka kriminalitas, menurut penelitian dari University of Virginian Health System. Adanya ruang terbuka hijau, seperti taman atau halaman rumput, dapat membentuk pola yang mengurangi kejahatan, terutama kekerasan dengan senjata api.

Sumber: University of Virginia Health System.

5. Memperbaiki Kesehatan secara Umum

Studi dari University of Arizona menemukan bahwa tinggal di lingkungan perumahan dengan kepadatan rendah, seperti daerah suburban, dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Lingkungan perumahan yang mendukung interaksi sosial dan aktivitas fisik dapat memberikan manfaat kesehatan yang lebih baik.

Sumber: University of Arizona.

6. Membuat Anak-anak Anda Lebih Aktif dan Sehat

Kota mandiri dengan ruang terbuka hijau dapat membantu anak-anak menjadi lebih aktif. Menurut American Heart Association, anak-anak yang tinggal di daerah dengan ruang terbuka hijau cenderung memiliki tingkat aktivitas fisik yang lebih baik dan lebih suka berjalan kaki atau bersepeda.

Sumber: American Heart Association.

7. Memelihara Kesehatan Mental Lebih Baik

Studi di Spanyol menunjukkan bahwa tinggal di lingkungan yang lebih hijau dapat meningkatkan kesehatan mental, mengurangi penggunaan obat-obatan, dan meminimalkan konsultasi ke psikolog. Adanya ruang terbuka hijau di sekitar tempat tinggal dapat memberikan dampak positif pada kesehatan mental.

Sumber: Barcelona Institute for Global Health (ISGlobal).

8. Menjalani Hidup dengan Lebih Bahagia

Studi oleh Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) menemukan bahwa tingkat kebahagiaan seseorang erat kaitannya dengan lingkungan tempat tinggal yang memiliki lebih banyak taman dan ruang terbuka hijau. Meskipun memiliki kekayaan material, tinggal di area yang lebih hijau dapat meningkatkan tingkat kebahagiaan.

Sumber: The Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST).

9. Melindungi Sel dan Gen dalam Tubuh

Studi dari North Carolina State University menunjukkan bahwa tinggal di lingkungan yang banyak ruang terbuka hijau dapat memberikan dampak positif pada penanda genetik kunci yang berkaitan dengan paparan stres. Lingkungan kota mandiri yang memiliki ruang terbuka hijau lebih luas dapat mengurangi tingkat stres dan mendukung kesehatan genetik.

Sumber: North Carolina State University.

10. Menurunkan Risiko Menderita Penyakit Kronis

Penelitian dari University of Miami menemukan bahwa tinggal di lingkungan yang memiliki lebih banyak ruang terbuka hijau dapat signifikan menurunkan risiko menderita penyakit kronis, seperti diabetes, hipertensi, dan gangguan lipid. Kota mandiri dengan lingkungan yang lebih sehat dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap penyakit kronis.

Sumber: University of Miami Miller School of Medicine.

Pindah ke kota mandiri mungkin bisa menjadi pilihan yang cerdas untuk meningkatkan kesejahteraan Anda dan keluarga. Dengan ruang terbuka hijau yang lebih luas, tata kota yang terencana baik, dan lingkungan yang lebih bersih, kota mandiri dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan dan kualitas hidup Anda. (*/)

One thought on “10 KEUNTUNGAN TINGGAL DI KOTA MANDIRI CITRA MAJA RAYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *