BANJIR LANDA 40 RUMAH DI DESA GUBUGAN CIBEUREUM, CITRA MAJA AMAN

Jembatan gantung di Sungai Cibeureum tidak bisa dilewati warga karena air sungai meninggi dan membanjiri permukiman warga. (Foto: Google Maps)

MAJA, SEKITARMAJA.COM – Sebanyak 40 kepala keluarga (KK) di Desa Gubugan Cibereum, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terdampak banjir pada hari ini Jumat (26/4).

Ruas jalan penghubung desa juga terendam dengan ketinggian air hampir selutut orang dewasa.

Kepala Pelaksana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Lebak, Febby Rizki Pratama, menjelaskan bahwa genangan air terjadi setelah Sungai Cibeureum meluap usai diguyur hujan semalaman.

Bukan Pertama Kali

“Banjir belum merendam rumah, tetapi 40 KK terdampak. Yang terendam itu jalan desa dan jembatan gantung sehingga tidak bisa dilintasi warga,” ujar Febby.

Selain rumah warga, Febby menambahkan bahwa banjir juga berdampak pada salah satu pondok pesantren (ponpes) di wilayah sekitar sungai Cibeureum.

“Relawan sudah siaga untuk evakuasi maupun memberikan arahan kepada korban terdampak,” tegasnya.

Diketahui, ada 4 kampung yang terdampak banjir akibat luapan Sungai Cibeureum. Keempat kampung tersebut adalah Kampung Lojor, Bongkok, Cidadap, dan Jamlaung.

Banjir ini bukan yang pertama kali terjadi karena pada tahun 2020 saat bulan Ramadan 1441 H dilaporkan juga pernah terjadi bencana serupa di area tersebut, ungkap laman nkriterkini.com.

Saat itu penduduk berhamburan keluar rumah saat sahur dan mengungsi ke Kampung Caringin yang lebih aman.

Citra Maja Raya Aman

Sementara itu, pada hari yang sama perumahan Citra Maja Raya yang juga berlokasi di kecamatan Maja ini masih terbilang aman dari ancaman banjir.

BPBD Lebak sendiri telah merilis peta daerah rawan banjir di seluruh kecamatan di kabupaten Lebak tahun ini sebagai upaya antisipasi bencana banjir sebelum pelaksanaan Pemilu 2024 lalu.

Kecamatan Maja dinyatakan sebagai salah satu kecamatan yang relatif aman dari ancaman banjir.

Menurut data BPBD Lebak, ada 5 kecamatan yang wilayahnya lebih rentan terhadap banjir yakni kecamatan Malingping, Banjarsari, Cimarga, Rangkasbitung, dan Cibadak.

Sungai Cibeureum ini memang mengalir di sekitar perumahan Citra Maja Raya dan melewati sejumlah area permukiman warga desa sekitar.

Terdapat juga bangunan pondok pesantren Al Mayshuriyah dan Darul Ulum di sekitar sungai Cibeureum. (*/)

BACA JUGA: MAJA AMAN DARI BANJIR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *