PERKEMBANGAN PEMBANGUNAN MASJID KEDUA DAN GEREJA PERTAMA DI CITRA MAJA RAYA

MAJA, SEKITARMAJA.COM – Kalau Anda sudah tahu berita Oktober 2023 lalu, dikabarkan sudah dilaksanakan seremoni peletakan batu pertama di lokasi pembangunan masjid kedua di perumahan Citra Maja Raya di kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Dilansir dari citramaja.com, pada tanggal 30 Oktober 2023, Menteri Perhubungan, Dr. (H.C.) Ir. Budi Karya Sumadi, melakukan kunjungan kerja ke Citra Maja Raya dengan tujuan mendukung dan memantau pengembangan kota baru terpadu tersebut.

Citra Maja Raya, yang terletak di Kota Baru Maja, merupakan satu-satunya pengembangan kota baru terpadu di dekat Jabodetabek, yang diinisiasi oleh pemerintah.

Akses Makin Mudah

Grup Ciputra, khususnya melalui anak perusahaannya PT Ciputra Residence, secara aktif berkontribusi pada pengembangan Citra Maja Raya, sejalan dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) yang mengintegrasikan hunian dengan infrastruktur komprehensif berbasis sistem transportasi massal.

Rencana pemerintah untuk Kota Baru Maja, sebagaimana diuraikan dalam Master Plan Development Plan (MPDP) oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), melibatkan akses mudah ke kota-kota besar terdekat dan Jakarta melalui transportasi publik maupun transportasi pribadi.

Pembangunan Berkelanjutan

Grup Ciputra berkomitmen pada pengembangan berkelanjutan. Mereka saat ini fokus pada tahap ketiga Citra Maja Raya, yang mencakup 174 hektar dengan lebih dari 11.000 unit perumahan dan komersial.

Proyek ini sejalan dengan visi pemerintah untuk kota baru yang berkelanjutan dan inklusif, didukung oleh infrastruktur kunci seperti jalan tol dan fasilitas pengelolaan air.

Komitmen tersebut tidak hanya terbatas pada perumahan, Citra Maja Raya juga menyediakan fasilitas skala kota seperti bioskop, klub olahraga, sekolah, dan layanan kesehatan.

EcoCulture

Sebagai pelopor dalam konsep Transit Oriented Development, kedekatannya dengan stasiun kereta KRL Maja membuatnya menjadi solusi perumahan yang terjangkau dan lengkap, terutama bagi mereka yang berkomuter ke Jakarta.

Pengembangan ini mengikuti konsep EcoCulture, mempromosikan gaya hidup berkelanjutan dan kesadaran lingkungan di dalam komunitas.

Tertunda

Untuk perkembangan proses pembangunan masjid kedua hingga tulisan ini ditayangkan di website ini, belum terlihat tanda-tanda adanya pembangunan lebih lanjut.

Hal yang sama juga ditemui di lokasi pembangunan gereja katholik di depan klaster Canggu, Citra Maja Raya. Masih sepi dan belum ada tanda-tanda pengerjaan secara serius.

Pihak pengembang sendiri belum memberikan keterangan apapun terkait hal ini.

Kapan proses pembanguna dimulai? Belum ada yang tahu.

Bisa jadi masih menunggu hingga kondisi perekonomian membaik. (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *